Pages

Selasa, 13 September 2011

Sejarah Tol Cipularang



Jalan Tol Cipularang (CIkampek - PUrwakarta - PadaLARANG) adalah jalan tol diIndonesia yang menghubungkan kota Jakarta dan Bandung. Jalan tol ini selesai dibangun pada akhir April 2005. Tol ini membentang dari Cikampek - Purwakarta sampaiPadalarang. Tol ini berada di pegunungan sehingga jalannya naik-turun dan juga mempunyai banyak jembatan yang panjang dan tinggi.
Pembangunannya dibagi 2, yaitu:
  • Tahap 1: Cikampek-Sadang dan Padalarang-Cikamuning (17,5 km)
  • Tahap 2: Sadang-Cikamuning (41 km)
Melalui tol ini, jarak Jakarta-Bandung hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit (jika tidak macet) dan dihitung dari Cawang.
Tol ini juga dibuat pengukur kecepatan kendaraan. Jika melewati batas kecepatan, dengan kamera dapat ditelusuri, selanjutnya ditangkap, dan akhirnya disidang.
Sejak dibuka pada April 2005, telah 2 kali terjadi peristiwa amblasnya jalan. Setelah kejadian ini, truk dan trailer tidak boleh masuk Jalan Tol Cipularang. Salah satu fenomena di tol Cipularang adalah KM 97 yang memang merupakan tempat angker, karena itu di bangunlah sebuah rest area dengan mesjid yang mewah untuk mengusir mahluk halus yang berkeliaran di sekitar KM 97
Dahulu pada waktu pengerjaan Jalan tol ini, tepat di KM 97, 4 pekerja jalan tol tewas terlindas "mesin pengeras jalan" setelah mereka terhempas secara keras ke jalanan dari atas truck pengangkut aspal. Kuat dugaan para pekerja tersebut terhempas akibat angin yg sangat keras berhembus dari arah samping jalan. Salah satu korban di KM 97 adalah Virginia Anggraeni, isteri Saipul Jamil yang meninggal dalam kecelakaan di Tol Cipularang KM 96+800 Sabtu (3/9/2011)

Gerbang tol

NamaKilometerTujuan
Sadang79Purwakarta, Sadang, Subang
Jatiluhur85Purwakarta, Jatiluhur, Ciganea
Cikamuning115Cikamuning, Cikalong Wetan, Purwakarta
Padalarang Barat (sudah ditutup)122Purwakarta, Cikampek, Jakarta, Cianjur, Bandung, Cileunyi
Gerbang perbatasan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi*
Padalarang123Padalarang, Cianjur, Cikalong
Keterangan: *) Ditutup dan diganti dengan GT Cikarang Utama di KM 29

Jembatan

NamaPanjangKilometer
Ciujung550 meter95
Cisomang252 meter101
Cikubang500 meter110
Cipada720 meter110
Cimeta400 meter117

1 komentar:

  1. Saya termasuk yang sering melewati jalan tol ini... dan seringkali melirik ke angka kilometer antara 90-100 .. sekedar untuk mengingatkan diri sendiri... :) Peace V

    BalasHapus

Silahkan unagkan komentar,kritik ataupun saran saran dari bradda semuaa, thankss

Artikel Terkait

Related Posts with Thumbnails