Pages

Selasa, 25 Mei 2010

Sukses Jadi Pilot Palsu Selama 13 Tahun


Dengan latihan simulator pesawat, Salme jadi pilot pesawat komersial dengan lisensi palsu.




VIVAnews - Kedok Thomas Salme sebagai pilot palsu terbongkar setelah 13 tahun karirnya sebagai penerbang.








Pria asal Swedia ini menerbangkan pesawat hanya berbekal lisensi palsu, tanpa pendidikan dan pelatihan menerbangkan pesawat.

Salme tertangkap Maret 2010, saat hendak menerbangkan pesawat Boeing 737 yang membawa 101 orang dari Amsterdam, Belanda  ke Ankara, Turki. Dia ditahan dengan tuduhan memiliki lisensi palsu oleh aparat Belanda.

Pria berusia 41 tahun ini telah memiliki pengalaman 10.000 jam terbang. Meski pernah punya lisensi penerbang, namun Salme tak berhak menerbangkan pesawat komersial -- apalagi lisensi itu sudah kadaluarsa.

Hukuman denda 1.700 euro dan larangan terbang selama setahun dijatuhkan padanya.  Namun, hakim pengadilan Amsterdam menolak hukuman penjara yang dituntut jaksa dan bahkan memuji karirnya sebagai 'pilot' dengan angka kecelakaan nihil.

"Secara moral, saya sangat malu karena telah berbohong. Tapi saya tak pernah, sama sekali tak pernah sekalipun, bahwa penumpang saya berada dalam kondisi yang tak aman," kata Salme kepada 
SkyNews, seperti dimuat laman News.com.au, Selasa 18 Mei 2010.

Salme sebelumnya bekerja sebagai insinyur pemeliharaan pesawat di SAS. Suatu hari, rekan kerjanya mengizinkan dia mencoba menjalankan simulator pesawat, saat tak digunakan pilot untuk berlatih.

Dari situlah dia memperoleh kemampuan menerbangkan pesawat. "Saya berlatih, dua sampai tiga jam perhari. Setidaknya sampai 15 sampai 20 kali dalam waktu satu setengah tahun," kata dia seperti dimuat laman 
The Sun.

"Lalu, aku punya ide gila, melamar kerja sebagai kopilot di maskapai penerbangan. Lalu, aku membuat sendiri surat izin penerbangan Swedia, lengkap dengan logonya, di kertas putih biasa," kata Salme.

"Ini seperti fantasi. Izin palsu itu bahkan tak dilaminating dan seperti kertas biasa yang aku buat di rumah. Yang mengejutkan, ini sangat mudah."

Lolos ujian simulasi pesawat terbang, Salme mengawali karirnya sebagai kopilot di Scandinavian Airline Air One -- dan mendapatkan promosi sebagai kapten penerbang dalam waktu tiga tahun.

Salme saat ini menulis buku tentang pengalamannya, namun buru-buru dia berpesan, 'jangan pernah menirunya."

Apa yang dilakukan Salme sering disamakan dengan kelakuan Frank Abagnale -- pria Amerika Serikat yang menyamar menjadi pilot, pengacara, juga dokter.

Kisah hidup Abagnale bahkan difilmkan dengan judul 'Catch Me if You Can' yang dibintangi Leonardo DiCaprio.  (mt)



Sumber : http://nasional.vivanews.com/news/read/151829-sukses_jadi_pilot_palsu_selama_13_tahun

Calon Bayi Acungkan Jempol di Rahim Ibu



Marie Boswell terkejut sekaligus senang melihat hasil USG calon bayinya.
 Calon Bayi yang amat gaul bray,,hhaha
VIVAnews - Calon bayi di rahim mengirimkan sinyal pada ibunya bahwa dia dalam kondisi baik-baik saja. Caranya, dengan mengacungkan jempol.

Marie Boswell (35) terkejut namun senang melihat tanda 'Oke' yang dikirimkan calon bayinya yang masih berusia 20 minggu.  Tanda itu sangat jelas dalam hasil ultrasonografi (USG).

"Kami nyaris tak percaya, acungan jempol itu sangat jelas," kata perempuan asal Manchester, Inggris itu, seperti dimuat laman
The Sun, Sabtu 22 Mei 2010.

Dia dan pasangannya, James Evan (41) melihat  secara jelas apa yang dilakukan bayinya saat melakukan pemeriksaan rutin kandungan. Bayi dalam kandungannya diharapkan lahir pada September mendatang.

Petugas USG Rumah Sakit Wythenshawe, Gerry Jackson mengaku ini adalah hal yang luar biasa. "Ini sangat jarang terjadi, jempolnya terlihat sangat jelas,"

Uji ultrasonografi (USG) adalah prosedur yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk memindai perut dan rongga rahim, menghasilkan suatu citra (sonogram) dari bayi dan plasenta.

Prosedur uji USG adalah bagian dari rutinitas perawatan pra kelahiran dan memberikan informasi penting yang diperlukan dokter/bidan untuk memberikan perawatan yang optimal. (mt)



Sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/152752-calon_bayi_acungkan_jempol_di_rahim_ibu

Artikel Terkait

Related Posts with Thumbnails